Soal Mengenai Transmisi


1.         Apa yang dimaksud dengan transmisi analog?? Apa bedanya dengan transmisi digital?
Jawab :
Transmisi analog merupakan suatu bentuk dari komunikasi elektronik yang merupakan proses pengiriman informasi pada gelombang elektromagnetik, dan bersifat variabel dan berkelanjutan, sedangkan Transmisi digital merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner ) untuk proses informasi yang mudah , cepat dan akurat.

2.         Tuliskan perbandingan data analog dengan data digital , dan berapa kapasitas data analog dan digital yang ditransmisikan?
Jawab :
Data analog nilainya kontinyu dalam suatu interval misalnya sound ,video sedangkan data digital nilainya diskrit misalnya text, integer

3.         Apa yang dimaksud dengan noise?
Jawab :
Noise adalah sinyal tambahan yang tidak di inginkan , sehingga bisa menghasilkan sejumlah retransmission data dan mengakibatkan lambatnya pengiriman (transfer ) informasi

4.         Sebutkan apa yang dimaksud dengan intermodulasi?
Jawab :
Intermodulasi merupakan salah satu penyebab gejala dari noice. Penjelasannya apabila kita melewatkan dua sinyal masing-masing dengan frekuensi F1 dan F2 melalui suatu medium atau perangkat non linier, maka akan dihasilkan frekuensi spurious yang berasal dari harmonisasi sinyal.

5.         Sebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi noise??
Jawab :
·         Kerusakan alat
·         EMI
·         RFI
·         Penyetingan yang tidak tepat
·         Delay
·         Kontrol respon yang tidak tepat

6.         Sebutkan apa yang dimaksud dengan spektrum daya analog??
jawab :
Spektrum daya analog adalah perubahan gelombang frekuensi pada saat penyampaian suatu signal analog ke tujuan. Sebagai contoh , pada saat kita menggunakan analog, signal dalam berkomunikasi secara verbal (lisan). Suara yang kita hasilkan akan bergetar di udara pada frekuensi dan amplitudo yang berbeda. Getaran ini diterima oleh eardrum(gendang telinga) dan di interpretasikan sebagai kata. Perubahan-perubahan kecil pada kata dan volume secara dramatis akan mengubah maksud dari apa yang kita katakan.

7.      Apa keuntungan dan kerugian dari transmisi analog? Dan apa bedanya dengan transmisi digital?
Jawab :
Perbandingan nya ialah Kelebihan dari analog adalah kemampuannya untuk memproses pengiriman data dalam lalu lintas komunikasi yang padat. Analog digunakan untuk komunikasi yang lalu lintasnya rendah, sinyal dalam bentuk digital ini mampu mengirimkan data dengan cepat dengan kapasitas yang lebih , dan memiliki tingkat error yang kecil apabila dibandingkan dengan sinyal analog.

8.      Media apa saja yang dipakai dalam transmisi analog? Mengapa transmisi analog membutuhkan banyak overhead dalam mentransmisikan data??
Jawab :
Rangkaian analog membutuhkan lebih banyak overhead pada saat mendeteksi dan memperbaiki noisy transmission. Kabel coaxial , TV kabel dan pada kabel tembaga yang digunakan pada layanan telepon rumah. Layanan analog juga ditransmisikan melalui media terbuka seperti gelombang mikro, telepon rumah tanpa kabel dan telepon selular. Layanan-layanan tertentu berada pada frekuensi yang terdefinisi sebelumnya. Sebagai contoh :
·         Kilohertz atau KHz = ribuan siklus per detik

·         Suara berada pada rentang frekuensi 0,3 KHz sampai 3,3 KHz atau 3000 Hz
MegaHertz atau MHz = jutaan siklus per detik
Sinyal TV kabel analog berada pada rentang frekuensi 54 MHz sampai 750 MHz

·         GigaHertz  atau GHz = milyaran siklus per detik
Kebnyakan menara gelombang mikro analog beroperasi antara 2 dan 12 GHz.

9.      Apa yang dimaksud dengan overhead dalam transmisi analog??
Jawab : 
Overhead-adalah banyaknya informasi tambahan yang harus ditransmisikan pada suatu circuit untuk memastikan sistem penerima dalam mendapatkan data yang benar dan data itu bebas dari kesalahan. Secara tipikal ketika suatu circuit membutuhkan lebih banyak overhead, bandwidth yang tersedia untuk
mengirim data yang sebenarnya menjadi berkurang.Ini seperti kemasan yang digunakan pada saat kita ingin mengirimkan suatu barang, tentu kita tidak menginginkan seratus styrofoam yang kecil, tapi lebih menginginkan agar barang tersebut disimpan didalam kotak yang bisa memuat semuanya dan memastikan barang yang akan kita kirimkan aman.

10.  Jelaskan tentang Elektromagnetik Interface (EMI) dan Radio Frequency Interface (RFI), dan berikan contoh noice nya!
Jawab :
·         EMI dihasilkan oleh circuit yang menggunakan Alternating Signal (Sinyal bolak-balik). Sebagai contoh jika anda menyambungkan kabel pada sebuah aki mobil maka arus listrik akan mengalir pada kabel tersebut dan jika anda mengukurnya dengan alat multitester maka besar tegangan tetap konstan 12 volts. Aki mobil merupakan contoh dari Direct Current Circuit (arus searah).

·         Radio Frequency Interference (RFI) dihasilkan jika dua signal mempunyai properti yang sama. Bentuk gelombang bisa bergabung, sehingga bisa mengubah frekwensi dan amplitude dari sinyal yang asli. Inilah mengapa secara geogrfis dua stasiun radio tidak boleh mengirim sinyal pada frekwensi yang berdekatan, jika terjadi radio penerima tidak bisa menerima sinyal dengan baik. Kebanyakan penyebab RFI pada networking ini diakibatkan oleh suatu kondisi yang dikenal sebagai reflection. Reflection terjadi ketika sinyal dipantulkan kembali oleh beberapa komponen sepanjang jalur transmisi itu. Sebagai contoh connector yang rusak didalam suatu circuit bisa memantulkan kembali sinyal itu ke pengirimnya. Inilah mengapa setiap end point pada pada network harus mempunyai kemampuan tidak hanya menerima sinyal, tetapi juga mampu mengabsorbsi seluruh energi sinyal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to "Soal Mengenai Transmisi"

  1. Unknown Says:
    27 Januari 2020 pukul 19.51

    Makasiiih

  2. Unknown Says:
    27 Januari 2020 pukul 19.53

    Resi selvi yanti

Posting Komentar

Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver